Senin, 20 November 2017

Audit Sistem Informasi & Tata Kelola Teknik Informasi

    Menyesuaikan proses audit dan prosedur yang digunakan pada saat melaksanakan pekerjaan lapangan misalnya perubahan lingkungan sistem akuntansi yang manual menjadi sistem informasi akuntansi berbasis komputer menyebabkan auditor harus mempelajari karaktristik lingkungan sistem tersebut. Agar pelaksanaan auditing dapat berjalan dengan efektif dan efisien, auditor sudah seharusnya menyesuaikan teknik-teknik auditnya dengan sistem informasi klien.


      Jenis-jenis Audit :
  1. Audit laporan keuangan untuk memberikan pendapat apakah laporan keuangan tersebut disajikan sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Hasil audit lalu dibagikan kepada pihak luar perusahaan seperti kreditor, pemegang saham, dan kantor pelayanan pajak.
  2. Audit kepatuhan untuk menentukan apakah yang diperiksa sesuai dengan kondisi, peratuan, dan undang-undang tertentu.
  3. Audit operasional merupakan penelahaan secara sistematik aktivitas operasi organisasi dalam hubungannya dengan tujuan tertentu.
     Resiko ini meliputi:
  1. Ketergantungan pada kemampuan berfungsinya perangkat keras dan lunak.
  2. Kesalahan sistematis vs kesalahan acak.
  3. Akses yang tidak sah.
  4. Hilangnya data.
     Pengertian tata kelola TI
     
     Penerapan kebijakan TI di dalam Organisasi agar pemakai TI di arahkan sesuai dengan tujuan organisasi tersebut. Yang di maksud adalah pola dari kebijakan terhadap aktivitas TI.

     Kerangka tata kelola TI
     
     Kerangka kerja tersebut memiliki peran dan fungsi masing-masing dalam Tata Kelola TI. Peran dan fungsi utama dalam Tata Kelola TI mencakup dua hal utama, yaitu: pengaturan (govern) dan pengelolaan (manage) seperti terlihat dalam Gambar 1.2 (ISACA, Integrating COBIT into the IT Audit Process (planning, Scope) Development, Practices), 2006). Pengaturan (govern) mencakup hal-hal apa yang mendasari tata kelola tersebut yang ditentukan melalui pendefmisian strategi dan kontrol. Contoh kerangka kerja yang masuk dalam cakupan ini adalah COBIT.

      Audit tata kelola teknologi informasi

      merupakan tanggung jawab dari pemimpin puncak dan eksekutif managemen suatu perusahaan. Tata kelola TI bagian dari kepimpinan, struktur organisasi, dan pengembangan strategi tujuan organisasi.


Sumer:

http://blog.panducipta.com/2015/10/12/tata-kelola-ti-sebuah-konsep-pengelolaan-ti-yang-bersinergi-dengan-tata-kelola-perusahaan/
https://moncaimancal2.wordpress.com/2014/10/30/analisa-audit-tata-kelola-teknologi-informasi-menggunakan-framework-cobit/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar